PENGARUH PEMBANGUNAN PLAZA ALDIRON TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PEDAGANG TRADISIONAL DI EKS PASAR CINDE KOTA PALEMBANG

Authors

  • Eka Meirawati Universitas Sriwijaya
  • Dwirini Dwirini Universitas Sriwijaya
  • Eka Rostartina Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6769

Keywords:

Pendapatan, Revitalisasi Pasar, PSAK No.23

Abstract

Pusat perbelanjaan di Palembang telah mengalami kemajuan yang pesat seiring dengan berkembangnya Kota Palembang dengan pembangunan berbagai infrastruktur yang prestisius. Hal tersebut terkait erat dengan agenda besar perhelatan Asian Games dan Moto GP pada tahun 2018 yang lalu. Keberadaan pasar tradisional termasuk salah satu variabel paling nyata kegiatan ekonorni masyarakat di suatu wilayah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendapatan pedagang di tradisional Plaza Aldiron Cinde sebelum dan ketika pembangunan pasar berbeda secara signifikan. Metode penelitiannya adalah analisis regresi berganda menggunakan secara simultan (uji F) pada level significance 5%. Hasil uji hipotesis secara uji simultan (uji F) pada Tabel 7.12 menunjukkan bahwa diperoleh besarnya probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dalam penelitian ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari sebelum dan ketika ada pembangunan Plaza Aldiron sebagai variabel bebas secara simultan terhadap pendapatan pedagang sebagai variabel terikat.

Author Biography

Eka Meirawati, Universitas Sriwijaya

Akuntansi

References

E. Kieso,Donald, Jerry J, Weygandt and Teery D. Warfield. 2016. Accounting Principles. 12th Edition. Jakarta: Salemba Empat.

E. Kieso,Donald, Jerry J, Weygandt and Teery D. Warfield. 2016. Intermediate Accounting. 12th Edition. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : BP Undip.

Horngren, Charles T dan Foster, George. Akuntansi Biaya. Jakarta: Erlangga

Ikatan Akuntan Indonesia. 2020. Standar Akuntansi Keuangan. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

M.Munandar. 2006. Pokok-Pokok Intermediate Accounting. Gajah Mada University Press: Yogyakarta.

Peraturan Menteri Perdagangan No. 53/M-DAG/PER/12/2008 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Reardon, Thomas and Julio A. Berdegué. 2002. The Rapid Rise of Supermarkets in Latin America: Challenges and Opportunities for Development. Development Policy Review.

Reardon, Thomas, C. Peter Timmer, Christopher B. Barrett, and Julio Berdegué. 2003. The Rise of Supermarkets in Africa, Asia, and Latin America. American Journal of Agricultural Economics.

Reardon, Thomas and Rose Hopkins. 2006. The Supermarket Revolution in Developing Countries: Policies to Address Emerging Tensions among Supermarkets, Suppliers, and Traditional Retailers. European Journal of Development Research.

Sarief, Saifuddin. 2004. Kebijakan untuk Meningkatkan Iklim yang Kondusif dalam Mengembangkan UMKM sebagai Kekuatan Ekonomi.

Sarwoko, Endi. 2008. Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Kinerja Pedagang Pasar Tradisional Di Wilayah Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, Vol. 4 No.2, 2008,97-115.

Downloads

Published

2021-12-31