PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEYELESAIKAN SOAL SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

Authors

  • Nova Pratiwi Universitas PGRI Palembang
  • Neta Dian Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Januardi Januardi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6927

Keywords:

Kemandirian Belajar, Kemampuan Menyelesaikan Soal, Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan menyelesaikan soal siklus akuntansi perusahaan jasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Univeristas PGRI Palembang Tahun Ajaran 2021/2022 semester ganjil yang telah lulus mata kuliah dasar-dasar akuntansi keuangan I berjumlah 67 orang, sampel penelitian ditentukan dengan metode Purposive sampling berjumlah 39 orang. Pengumpul data dilakukan melalui angket kemandirian belajar dan soal siklus akuntansi perusahaan jasa, analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pengaruh positif sebesar 19,0% variabel kemandirian belajar terhadap kemampuan menyelesaikan soal siklus akuntansi perusahaan jasa mahasiswa pendidikan akuntansi Tahun Ajaran 2021/2022.

References

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran

Creswell, John. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Penerjemah : Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Damayanty, W., Murtadlo MS, A., & Wulanda, M. N. (2021). Korelasi Antara Motivasi Belajar dan SELF-Efficacy Dengan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah An-Nizham Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Devung, T. V. S. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Hery. (2017). Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: PT Grasindo.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154.

Imama, H. N., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh efektivitas pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi dengan self efficacy sebagai moderasi. AKUNTABEL, 18(3), 435-443.

Irawan, L., Yulaini, E., & Januardi, J. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Di Smk Pgri 1 Palembang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(1), 99-107.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Pratiwi, C., Neviyarni, N., & Solfema, S. (2018, April). Contribution self efficacy and independent learning math toward students' mathematics learning outcomes. In International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology (pp. 674-678). Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobri, M., & Moerdiyanto, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1).

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64-71.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh kemandirian belajar dan bimbingan belajar terhadap kemampuan memahami jurnal penyesuaian pada siswa SMA Melati Perbaungan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 368-388.

Yupita, L., Herkulana, & Achmadi. (2015). Analisis Kemampuan Membuat Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa , 4, 2.

Downloads

Published

2021-12-31