PENERAPAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS APLIKASI PADA MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6938

Keywords:

Akuntansi, Seni, Kemampuan, Teknik, Informatika

Abstract

Akuntansi bukanlah seni yang dapat dikuasai dengan mudah.  Dalam melakukan transfer kompetensi dibutuhkan seni yang spesial, khususnya bagi mahasiswa yang bukan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dari hasil belajar mata kuliah akuntansi. Metode penelitian ini dapat dikategorikan penelitian kuantitatif. Uji Mann-Whiteney dipilih sebagai alternatif dalam pengolahan data. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 57 orang mahasiswa semester 1 Program Studi D3 Teknik Informatika kelas A dan kelas B selama satu semester. Hasilnya adalah kemampuan mahasiswa mengoperasikan aplikasi akuntansi antara kelas A dan B secara rata-rata adalah sama. Artinya mahasiswa mampu membuat file perusahaan, melakukan pengaturan daftar, menginput saldo awal, mencatat transaksi, dan menyajikan laporan keuangan.

References

Akmal, H., & Susanto, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Historia, 6(2), 197-206.

Handayani, A., Husni, N. L., Soim, S., Rumiasih, R., Sitompul, C. R., Nurdin, A., & Suroso, S. (2019). Pengembangan materi pembelajaran berbasis aplikasi. SnaptekmaS, 1(1).

Mule, Y. (2019). Comparative Analysis of Students Learning Achievement in The Advanced Public Sector Accounting. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 4(2).

Rosmida, R., & Suharyono, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pengajaran, Faktor Internal dan Faktor Eskternal Secara Simultan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 10(2), 1-7.

Suharyono, S., & Widodo, T. (2017). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Komputer Akuntansi. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 29-35.

Suharyono, S. (2019). Pengaruh Myob Test Clinic Terhadap Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, 2(2).

Suharyono, S. (2019). Profesionalisme Mahasiswa Akuntansi dan Mahasiswa Administrasi Bisnis dalam Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 11(2), 85-92.

Suharyono, S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Audit Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(1), 48-55.

Suharyono, S. (2021). Penerapan The Law Of Repetition Dalam Pembelajaran Pengantar Akuntansi. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(1), 57-69.

Suharyono, S. (2021). Penerapan Software Akuntansi Pada Umkm Ferolas. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 10(1), 1-6.

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-31