PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6960Keywords:
Metode Drill, Hasil Belajar, EkonomiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan metode Eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil post-test dari kedua kelas berbedah yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 73,5 dengan kriteria “Aktif†sedangkan kelas kontrol 57,75 dengan kriteria “Cukup Aktifâ€. Hipotesis menggunakan statistik non parametrik yaitu Uji Mann-Whitney diperoleh nilai zhitung > ztabel yaitu 4,95 > 1,96 maka tolak Ho dan Terima Ha. Maka dapat disimpulkan metode drill berpengaruh terhadap hasil belajar belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang.References
Ahmadi, R. (2017). Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Aridanu, N. K. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noerfikri Offset.
Arif Ariyanto, W. M. (2019). Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Santun Untan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asep Jihad, A. H. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta: Multi Pressindo.
Daryanto, S. K. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Hamdayama, J. (2017). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jubairiyani, M. U. (2020). Penerapan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Dasar Akuntansi Kelas X Di SMK Panca Bhakti Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1.
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nunuk Suryani, A. S. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Sani, R. A. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.