ANALISIS RASIO KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF, LIKUIDITAS DAN JATIDIRI KOPERASI SEHATI SMA NEGERI 4 PALEMBANG

Authors

  • Zahruddin Hodsay Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6965

Keywords:

Kualitas Aktiva Produktif, Likuiditas dan Jatidiri Koperasi

Abstract

Tujuan dari penelitian  adalah untuk mengetahui dan menganalisis rasio kualitas aktiva produktif, likuiditas dan jatidiri koperasi pada Koperasi Sehati SMA Negeri 4 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan rasio kualitas aktiva produktif menunjukkan bahwa selama 3 tahun jumlah pinjaman yang diberikan kepada anggota jauh lebih besar dibandingkan dengan pinjaman kepada selain anggota koperasi lainnya, separuh pinjaman yang diberikan merupakan pinjaman yang beresiko. Berdasarkan rasio likuiditas menunjukkan bahwa   setiap kewajiban lancar sangat dijamin oleh kas, pinjaman yang diberikan sebesar 1 rupiah menghasilkan pendapatan sebesar 2-3 rupiah. Berdasarkan jati diri koperasi menunjukkan bahwa selama 3 tahun berturut-turut besarnya rasio partisipasi bruto capaiannya masih di bawah 50 %. Demikian juga untuk promosi ekonomi anggota pada tahun 2020 mengalami penurunan lebih dari 200 % dibanding tahun sebelumnya.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Hodsay, Z., & Yolanda, Z. (2019, November Sunday). Analisis Penilaian Kesehatan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Profit, 6, 114-1125.

Indonesia. (1992). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 tentang Perkoperasian. Jakarta: Republik Indonesia.

Indonesia, I. A. (2007). PSAK Nomor 27 tentang Perkoperasian. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Indonesia, R. (2016). Peraturan Kementerian Kopeasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 06/Per/Dep.6/2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM.

Karyawan, I. N. (2015). Penilaian Kesehatan dan Rasio Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Mitra Lestari Mataram. 9(2), 36 - 41.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Putra.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Westriningsih. (2018). Koperasi Sekolah. Jakarta: Cempaka Putih

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-31