MARKETPLACE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

Authors

  • Hendri Gunawan Universitas PGRI Palembang
  • M. Toyib Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6966

Keywords:

Marketplace, Entrepreneurship, Produk Marketing

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menjadikan marketplace sebagai media pemasaran serta promosi produk kreatif mahasiswa pada matakuliah kewirausahaan dalam usaha memperoleh keuntungan usaha secara maksimal. Metode penelitian yaitu deksriptif untuk mengetahui nilai variabel mandiri baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lainnya. Teknik analisis data yang digunakan berupa dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data penggunaan marketplace sebagai media pemasaran lebih efektif untuk digunakan, dikarenakan melihat kondisi sekarang penggunaan sosial media sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan omset penjualan. Kontribusi yang dapat diberikan yaitu teknik pemasaran online yang tepat, proses persiapan produk dandeskripsi produk sebelum di sebarkan pada marketplace, dan tehnik berkomunikasi online yang baik.

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Artaya, I, & Purworusmiardi, T. (2019) Eefektifitas Marketplace dalam meningkatkan konsentrasi pemasaran dan penjualan produk bagi UMKM di jawa timur. Universitas Narotama https://www.reserchgate.net/publication/332523654.

Jalinus, N. &Ambiyar. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Jannah, R. (2019). Media Pembeljaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sukiman, (2021). Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Wulandari, dkk. (2020). Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Penjual Produk UMKM di Purbalingga. Jurnal Ekonomi Manajemen 6 (2) November 2020 Hal. 96-101

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknolgi Pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-31