Pengaruh Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA PGRI Prabumulih
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v6i1.7577Keywords:
Aktive learning, Quiz Team, Hasil Belajar, EkonomiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh “active learning tipe quiz team terhadap hasil belajar ekonomi di SMA†PGRI Prabumulih. Metode penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data†berupa observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen menggunakan†metode acitive learning jenis quiz team sebesar 86,7 dikategorikan sangat aktif, sementara siswa kelas kontrol menggunakan metode ceramah sebesar 68,8 dikategorikan cukup aktif. “Rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol†atau 83,58 > 72,63. Sedangkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 4,391 > ttabel = 1,679 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan metode active learning tipe†quiz “team terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di†SMA PGRI Prabumulih tahun pelajaran 2021/2022.â€
Â
References
Aunurrahman (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Gredler, (2011). Learning and instruction. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Hartono dalam rosida, (2011), Pengaruh Teknik Pembelajaran Aktif Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 29 Dompu Tahun Pembelajaran 2011http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/download/167/103
Kristian, Y. (2018). Pengaruh Metode Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 6 Nanga Pinoh. Jurnal Pendidikan Ekonomi , 3 (1), 1-8.
Marhani (2018). Pengaruh penerapan metode pembelajaran aktif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas X di MAN Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Nisa (2019). Pengaruh Metode Active Learning Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MA Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Thesis. IKIP PGRI Bojonegoro
Rosalina, E. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi , 3 (2), 211-226.
Saputra (2015). Pengaruh Model Kooperatif Team Quiz terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegara Kelas V SD. Artikel Penelitian. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak
Silberman, Malvin (2013). Active learning 101 cara belajar siswa aktif. Baston: Nusa Media.
Silberman, M. (2014). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia.
ST Rasyida (2018). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Materi Energi Siswa Kelas XI.Sains 5 MAN Pinrang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Volume 1 | Nomor 1 | 19 p-ISSN: 2622-9641 e-ISSN: 2655-1276
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2021). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tarigan, O. A. (2016). Penerapan Model Active Learning Type Quiz Team untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education , 3 (1), 124-128.
Yunita (2016). Pengaruh model pembelajaran aktif team quiz terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Jurnal. Alumni STKIP-PGRI
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.