Analisis Self Regulation Learning Mahasiswa Akuntansi Terhadap Metode Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v6i1.8246Keywords:
Self-regulation Learning, Mahasiswa, Akuntan, Covid-19Abstract
Tujuan penelitian ialah untuk mengkaji self-regulation learning, dan dampaknya, serta mengevaluasi seberapa banyak tingkatan self-regulation learning yang dimiliki Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Palopo di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dideskripsikan secara deskriptif dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan cara penerapan self-regulation learning yang berbeda dalam pembelajaran dan terbagi atas dua yaitu tingkat self-regulation learning tingkat tinggi dan self-regulation learning tingkat rendah. Dari pendalaman self  regulation learning terhadap 100 mahasiswa akuntansi yang merupakan mahasiswa semester IV dan VI Universitas Muhammadiyah Palopo ini disimpulkan bahwa 34 mahasiswa yang mempunyai pengaturan diri secara mandiri melalui media seperti youtube, google dan media lainnya, 7 mahasiswa serius mengikuti pembelajaran during, 6 mahasiswa focus menuntaskan tugas tepat waktu, 3 mahasiswa memilih untuk mendalami pelajaran dengan berdiskusi, 6 mahasiswa merekam proses perkuliahan untuk dapat dipelajari kembali secara ofline, 6 mahasiswa mencatat inti pokok pembelajaran untuk dikembangkan, 1 mahasiswa focus mendengarkan, dan sisanya sebanyak 37 mahasiswa cenderung cuek dan malas mengikuti jalannya perkuliahan bahkan sampai tertidur.References
Andrew, J., & Cortese, C. (2018). Accounting for climate change and the self-regulation of carbon disclosures. Jurnal Pendidikan, 35(3), 130–138.
Ariyanti, Kesbi, F. G., Tari, A. R., Siagian, G., Jamilatun, S., Barroso, F. G., Sánchez-Muros, M. J., Rincón, M. Ã., Rodriguez-Rodriguez, M., Fabrikov, D., Morote, E., Guil-Guerrero, J. L., Henry, M., Gasco, L., Piccolo, G., Fountoulaki, E., Omasaki, S. K., Janssen, K., Besson, M., … A.F. Falah, M. (2021). Pengaruh parent attachent terhadap self regulation learning pada remaja di era pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–2.
Azizah, N., & Purnamasari, F. (2021). the Basics on Accounting Profession Selection: Latest Capture During Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–59.
Budi, W., Utami, D. N., & Rahmania, A. M. (2020). Does Self-regulated Learning Have Relationship with Academic Procrastination?: Study on Middle School Students in Surabaya’s Coastal Area. Journal Pendidikan, 330–339.
Dewi, R. S., Lubis, M., & Wahidah, N. (2020). Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Dalam Perkuliahan Daring Selama Masa Pandemi COVID 19. Pengembangan Sumber Daya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal, 217–220.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Megawati. (2010). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Iq, Eq, Sq Terhadap Pola Sikap Dan Kepribadian Siswa Di Sman 1 Palopo. Skripsi.
Pangestu, M. F. R. (2021). Literature review peran strategi self regulation untuk kempuan akademik. Jurnal Pendidikan, 1–12.
Puspitasari, A., Purwanto, E., & Noviyani, D. I. (2013). Educational Psychology Journal. 2(1), 1–6.
Rifa’i, M. N., Ismail, K., Rohmah, M., & Rusmiati, R. (2021). Metode: Membalik Kelas, Kolaboratif, Kreativitas Siswa (Moderasi) Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(2), 12. https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6263
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Jurrnal Pendidikan, 17(33), 81–95.
Tara, A. R., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 9 (1), 34–45.
UU Nomor 20, T. 2003. (2003). Presiden republik indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, 1–57.
Wahyuningsi. (2021). Self-Regulated Learning Mahasiswa dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Pakar Pendidikan, 20, 37–47.
Yudhistira, S. (2021). Goal Orientation & Metacognitive Self-Regulation Students on Discourse Learning. Journal Pendidikan, 10(4), 688–696.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.