Hubungan Keaktifan Bertanya Siswa dengan Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Air Salek

Authors

  • Sindy Angraini Universitas PGRI Palembang
  • Depi Pramika Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v6i1.8358

Keywords:

Keaktifan Bertanya, Hasil Belajar, Ekonomi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Air Salek. Metode penelitian yaitu deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampelnya berjumlah 64 siswa. Data dianalisis menggunakan korelasi pearson product moment dengan koefisien diterminasi sebagai tolak ukur untuk melihat seberapa besar kemampuan atau kontribusi semua variabel bebas dalam menjelaskan varians variabel berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan keaktifan bertanya siswa di dalam kegiatan belajar mengajar memperoleh rata-rata 73,77 dengan kriteria “Aktif†sedangkan hasil belajar dengan kriteria “Sangat Baik†pada skor rata-rata 84. Jika dilihat dari hasil pengujian hipotesis dengan korelasi pearson product moment didapat hubungan yang signifikan antara keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Air Salek

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rimeka Cipta.

Asti, M. V, dkk. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifn Bertanya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1. No 3. (Online) diakses 10 September 2019 Pukul 20.00 WIB.

Isnanto, & Hamu, M. A. (2022). Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 547-561.

Kurniawati, Y., Ngadimin., Farhan, A. (2017). Hubungan Keaktifan Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika Volume 2. No. 1 April 2017. (online) diakses 26 Agustus 2019 pukul 20.35 WIB.

Kusumawardani, W., Maridi, & Muzayyinah. (2016). Peningkatan Keaktifan Bertanya Melalui Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. BIO-PEDAGOGI-Jurnal Pendidikan Biologi , 5(2), 43-47.

Monica, S., & Hadiwinarto. (2020). Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lubuklinggau. Ad-Man-Pend : Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 3(2), 12-23.

Nurmayani, & Nasution, Y. H. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Berkomunikasi Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Kecamatan Medan Polonia. School education Journal PGSD FIP Unimed, 11(1), 16-25.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Pramika, D., Kurniawan, C., Agustina, W., Muniarti, R. (2017). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Neraca Volume 1. No 2 Desember 2017. (online) diakses 29 November 2019 pukul 22.16 WIB.

Pramudia, I., & Sujatmika, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keterampilan Bertanya Siswa. Natural: Jurnal Imiah Pendidikan IPA, 5 (2), 63-70.

Rahayu, F. (2018). Pengaruh kemandirian belajar, minat belajar, disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa. Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 15(2), 212-221.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Taufik, A., & Harjanty, R. (2021). Pengaruh Kemandirian dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 67-72.

Template, M (2016). Pengertian Keaktifan Bertanya, (online) diakses 20 September 2019 pukul 19.25 WIB.

Warkintin. (2014). Hubungan Keaktifan Mengemukakan Pendapat dalam Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 125-130.

Downloads

Published

2022-06-30