Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v6i2.8720Keywords:
Media, Pembelajaran, Motivasi, Belajar, Powtoon.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran powtoon. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tambang pada kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 28 orang. Jenis penelitian ialah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, dessemination). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan instrumen validasi media dan materi. Teknik analisis data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi, kemudian melalui angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa berada pada kategori motivasi “sangat tinggi†yaitu sebesar 57,14% dengan jumlah 16 orang siswa dan sisanya sebesar 16 orang berada pada kategori “rendah†dengan jumlah 12 orang siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran powtoon dapat meningkatkan motivasi belajar siswaReferences
Cahyani, R., & Karyanto, P. (2016). Penggunaan Media Video Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi biosfer pada siswa kelas XI IPS MAN 2 Pontianak tahun pelajaran 2015/2016. GeoEco, 2(2).
Febriani, C. (2017). Pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pembelajaran ipa kelas V sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21.
Juniar, Rima. (2016). The Role of Motivation in Learning English For Indonesian Students. Proceedings of 22 nd LASTEM International Conference, Tokyo, Japan, 20 June 2016, ISBN: 978-93-86083-39-5.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97.
Mule, Y. (2019). Comparative Analysis of Students Learning Achievement in The Advanced Public Sector Accounting. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 4(2).
Rosmida, R., & Suharyono, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pengajaran, Faktor Internal dan Faktor Eskternal Secara Simultan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 10(2), 1-7.
Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharyono, S., & Widodo, T. (2017). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Komputer Akuntansi. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 29-35.
Suharyono, S. (2019). Profesionalisme Mahasiswa Akuntansi dan Mahasiswa Administrasi Bisnis dalam Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 11(2), 85-92.
Suharyono, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Akuntansi Berbasis Aplikasi Pada Mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Negeri Bengkalis. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(2), 163-168.
Suharyono, S. (2021). Penerapan The Law Of Repetition Dalam Pembelajaran Pengantar Akuntansi. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(1), 57-69.
Suharyono, S. (2022). Implementation The Law Of Repetition In Accounting. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2).
Syahza, A. (2013). Dampak Kebijakan Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Di Daerah Riau. Jurnal Pendidikan, 4(2), 72-83.
Syahza, Almasdi. (2016), Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Universitas Riau Perss.
Tifani, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon Pada Materi Minyak Bumi Di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Uno, B. Hamzah. (2016). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: BumiAksara.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.