Analisis Kebutuhan Instrumen Penilaian High Order Thingking Skill (HOTS) berbantu Aplikasi That Quiz

Authors

  • Dian Eka Amrina Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya
  • Dwi Hasmidyani Pendidikan Ekonomi, Universitas Sriwijaya
  • Edutivia Mardetini Pendidikan Ekonomi, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v6i2.9122

Keywords:

Kebutuhan, Instrumen penilaian, HOTS, That Quiz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan instrument penilaian berbasis HOTS berbantu Aplikasi That Quizpada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 10 Palembang. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dengan sampel penelitian yaitu 3 orang pendidik mata pelajaran ekonomi dan Peserta didik kelas XI.8 yang berjumlah 43 orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data Wawancara dan dokumentasi dilakukan dengan pendeskripsian data, sedangkan Angket di analisis dengan rumus persentase. Dari hasil wawancara di peroleh informasi mengenai butir soal dibuat telah berbasis HOTS namun belum bervariasi dan belum menggunakan aplikasi berbasis online. Data dokumentasi menunjukkan bahwa baru 7% soal dengan tingkatan analisis. Hasil angket yang di peroleh menunjukkan Peserta didik menyukai jenis pertanyaan berbasis HOTS sebesar 67,4% dan 71 % merasa semangat jika dikerjakan dengan bantuan aplikasi online. Sehingga bisa disimpulkan bahwa, pendidik dan peserta didik membutuhkan instrument penilaian berbasis HOTS berbantu aplikasi That Quiz pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 10 Palembang.

References

Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) DI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan biologi, 12(2), 170-175.

Alifiani, Jiwandono, N. R., & Nursit, I. (2017). Pengembangan Tes Online menggunakan ThatQuiz pada Bidang Studi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 9-21.

Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi sebagai Solusi Alternatif Pendidikan di Indonesia dalam Menghadapi Revolusi Industru 4.0. Jurnal Ilmiah IQRA', 13(2), 41-53.

Eveline, E., & Suparno, S. (2021). Analisis HOTS Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak. Jurnal Pembelajran IPA dan Aplikasinya (QUANTUM), 1(1), 13-18.

Hasan, A., & Pardjono. (2019). The Correlation of Higher Order Thinking Skills and Work Readiness of Vocational High School Student. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 25(1), 52-61.

Kuncahyono, Suwandayani, B. I., & Muzakki, A. (2020). Aplikasi e-test "That Quiz" sebagai Digitalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Indonesia Bangkok. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 153-166.

Kurniawati, O. W., Nuriman, N., & Mahmudi, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi IPA Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Primary:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 313-322.

Nasrum, A. (2020). Pengembangan Instrumen Pemahaman Konsep Kalkulus Berbasis Komputer. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 78-92.

Nurrizqi, A. (2021). Pengembangan Teknik dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 45-58.

Nursalam, N., Angriani, A. D., Darmawati, D., Baharuddin, B., & Aminudin, A. (2018). Developing Test Instrument for Measurement of Students' High-Order Thingking Skill on Mathematics in Junior High School in Makassar. 2nd International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching and Reseach (pp. 1-5). Makasar: IOP Publishing.

Pajri, R., & Hasmidyani, D. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Evaluasi Pembelajaran Ekonomi Kelas X di SMA N 10 Palembang. Indralaya: Skripsi Pendidikan Ekonomi FKIP Unsri.

Rachmawati, & Kurniawati, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis Mobile Online Pada Prodi Pendidikan Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 46-63.

Rukayah, Poerwanti, J. I., & Lukitasari, H. (2018). Penyusunan Two Tier Multiple Choice Test untuk Mengukur Higher Ordet Thinking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Sani, R. A. (2019). Cara Membuat Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills. Tangerang: Tira Smart.

Sholiha, I. N., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 123-132.

Downloads

Published

2022-12-31