Korelasi Penerapan Metode Auditory Intellectuality Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Miftakhur Rohmah Universitas Nurul Huda
  • Yhadi Firdiansyah UIN Maulana Malik Ibrahim
  • Rafika Rahmadani Universitas Nurul Huda
  • Okta Indriani Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v7i1.9336

Keywords:

Education, Metode, Auditory Intellectuality Repetition (AIR), Hasil Belajar, IPS.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak metode atau sistem Auditory Intellectuality Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 03 BP Peliung . Penenlitian ini berjenis eksperimen menggunakan desain Postest Control Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung berjumlah 158 siswa, sedangkan sampelnya siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 berjumlah 64 siswa. Data dikumpulkan melalui tes yang dianalisis dengan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar IPS siswa menggunakan metode AIR di kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung sedang yaitu dari 34 peserta didik terdapat 23 orang atau 67,65% perolehan nilai kategori sedang dengan nilai rata-rata 79,09 dan standar deviasi sebesar 7 ,71. Sementara hasil belajar peserta didik IPS tanpa menggunakan metode AIR di kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung sedang dimana dari 30 siswa terdapat 23 siswa atau 76,67% memperoleh nilai kategori sedang dengan nilai rata-rata 67,90 dan standar deviasi 7,70 . Hasil pnelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh metode Auditory Intellectuality Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VII SMP Negeri 03 BP Peliung.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatkhurrahman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto, M. Ngalim. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2011). Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rohmah, M. (2022). Korelasi Tanggapan Peserta Didik Pada Penerapan Metode Belajar Pq4r Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Ma Nurul Huda Sukaraja Buay Madang Oku Timur. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 6(01), 15-30.

Saragih, M. G., Saragih, L., Purba, J. W. P., & Panjaitan, P. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar–Dasar Memulai Penelitian. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2010). Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M. S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Fakhturrohman. (2015). Metode pembelajaran Auditory Intellectuality Repetition (AIR). 118.

Hadi, R., Yulaini, E., & Gunawan, H. (2022). Pengaruh Metode ActiveLearning Tipe Quiz TeamTerhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMAPGRI Prabumulih. Jurnal Nerca: Jurnal Pendidikan dan Imu Ekonomi Akuntansi, 6 (1)1-6. https://doi.org/10.31851/neraca.v6i1.7577

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959

Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/198

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Dari

Rahayuningsih, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Model Auditory Intellectually Repetition (Air). Erudio Journal of Educational Innovation, 3(2), 67–83. https://doi.org/10.18551/erudio.3-2.6

Saharuddin, S., Babo, R., & Basri, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually and Repetition) Berbantuan Media Interaktif dalam Pembelajaran Online Tehadap Motivasi dan Hasil Gema Wiralodra, 13(2), 439–454. https://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/286

Sutikno. (2013). Metode pendekatan Seorang Guru. 16.

Sumantri, J. S. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wardhani, I. A. K. dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-06-30