PENULISAN PUISI BERTEMA LOKAL BUDAYA DENGAN MODEL SUGESTI IMAJINASI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2248Abstract
ABSTRAK
        Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeksripsikan pengaruh penulisan puisi bertema lokal budaya dengan model sugesti imajinasi mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yang berjumlah 104 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, desain penelitian one grup pretest-posttest. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik uji t. Keterampilan mahasiswa dalam penulisan puisi tergolong baik, yang ditunjukkan dengan hasil tes akhir belajar mahasiswa lebih besar dari hasil tes awal mahasiswa. Perhitungan uji t menunjukkan bahwa  artinya, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model sugesti imajinasi terhadap penulisan puisi bertema lokal budaya mahasiswa.
Â
Kata Kunci: Penulisan Puisi, Lokal Budaya, Model Sugesti Imajinasi
Â
Â
Â
POETRY WRITING CULTURE LOCAL THEME WITH THE IMAGINATION SUGGESTION MODEL COLLEGERÂ ÂÂ
ABSTRACT
The purpose of this study was to find out and describe the influence of poetry writing on local cultural themes with a suggestion model of student imagination. The population in this study were 4th semester students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program, totaling 104 people. The research method used was an experiment with a quantitative descriptive approach, one group pretest-posttest research design. To collect data used test techniques. The collected data were analyzed using t test statistics. Students' skills in poetry writing are quite good, which is indicated by the results of the final student learning test greater than the results of the initial student test. The calculation of the t test shows that  means that the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, so it can be concluded that there is a significant influence on the imagination suggestion model on poetry with local cultural themes college student.
Â
Keywords: Poetry Writing, Local Culture, Imagination Suggestion ModelÂ
References
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo Bandung.
Arikunto, S.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Armariena, D. N. 2017. Pengaruh Teknik Cerita Pemula Diskusi (Disccusion Starter Story) dalam Menulis Laporan Pengamatan Mahasiswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan (Online). Volume 15 Nomor 1:27-37. FKIP Universitas PGRI Palembang.
Armariena, D. N. dan Liza M. 2017. Penulisan Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan Dengan Metode Image Streaming Dalam Proses Kreatif Mahasiswa. Jurnal PEMBAHSI (Online). Volume 7 Nomor 1:97-103. PPs Universitas PGRI Palembang.
Ayatrohaedi. 1986. Kepribadian Budaya Bangsa. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Siswanto, W., dkk. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama.
Sudjana, 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.