PENGARUH MODEL COOPERATIVE TERPADU DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI IDE POKOK PADA TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA

Authors

  • Juaidah Agustina Dosen Universitas PGRI Palembang
  • Heny Maulana Mahasiswa Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2249

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran cooperative terpadu memungkinkan setiap kelompok untuk saling bekerjasama dengan kelompok lain, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menghargai dengan baik kepada kelompok yang mempresentasikan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model cooperative terpadu dalam pembelajaran memahami ide pokok pada teks eksplanasi siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sungailiat kabupaten Bangka?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative terpadu  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sungailiat.

        Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sungailiat. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3  sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik   data yang digunakan adalah tes dan teknik wawancara.

        Dari hasil perhitungan statistik uji-t dua pihak, diperoleh = 5,91 dan  = 2,000, dengan taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian berarti  > , maka Ha diterima. Hal tersebut menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran cooperative terpadu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi memahami ide pokok pada teks eksplanasi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sungailiat kabupaten Bangka.

Kata kunci: Cooperative terpadu, ide pokok, teks eksplanasi.

 

THE EFFECT OF INTEGRATED COOPERATIVE MODEL IN LEARNING UNDERSTANDING THE IDEAS ON EXPLANATION TEXT OF XI IPS 1 CLASS IN SUNGAILIAT 1 STATE HIGH SCHOOL, BANGKA DISTRICT

ABSTRACT

Integrated cooperative learning allows each group to work together with other groups, each group presents the results of the discussion and the other groups respect the group who present their learning outcomes. The formulation of the problem in this study is whether there is an influence of integrated cooperative models in learning to understand the main idea in the explanatory text of class XI IPS 1 students at Sungailiat 1 State High School, Bangka district. The purpose of the study was to determine the effect of integrated cooperative learning models on student learning outcomes in Indonesian subjects in class XI IPS 1 at Sungailiat 1 Public High School.

        The population of this study were all students of class XI at Sungailiat 1 Public High School. The sample of this study is class XI IPS 1 as the experimental class and class XI IPS 3 as the control class. The method used in this research is the experimental method. Data techniques used are tests and interview techniques.

        From the results of the statistical calculation of the two-party t-test, obtained = 5.91 and = 2,000, with a significant level of α = 0.05. Thus means>, then Ha is accepted. This shows the influence of an integrated cooperative learning model on student learning outcomes in Indonesian subjects on the material understanding the main idea in the explanatory text in class XI IPS 1 of SMA Negeri 1 Sungailiat in Bangka district.

 

Keywords: Integrated cooperative, main idea, explanatory text.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kosasih, Engkos. 2014. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kosasih, E. 2014. Dasar – Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: CV Yrama Widya.

Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-10-28