ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM NOVEL MUSYAHID CINTA KARYA AGUK IRAWAN MN

Authors

  • Ike Tri Pebrianti Dosen STKIP Muhammadiyah Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2251

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam novel Musyahid Cinta karya Aguk Irawan MN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis konten. Hasil penelitian menjelaskan bahwa nilai budaya yang muncul pada novel Musyahid Cinta karya Aguk Irawan MN dapat terlihat pada penggambaran yang jelas yaitu nilai budaya yang berhubungan dengan Ketuhanan, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan masyarakat, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan orang lain, dan nilai budaya hubungan manusia dengan dirinya sendiri.

Kata Kunci: Nilai, Budaya, Novel

 

 

 

 

ANALYSIS OF CULTURE VALUE IN NOVEL MUSYAHID CINTA KARYA AGUK IRAWAN MN

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to describe the cultural values contained in the novel Musyahid Cinta by Aguk Irawan MN. The method used in this research is descriptive qualitative method. Data collection techniques used in this study are documentation techniques. Data analysis techniques used content analysis techniques. The results of the study explain that the cultural value that appears in the novel Musyahid Cinta by Aguk Irawan MN can be seen in the clear description of cultural values related to Godhead, cultural values in human relations with society, cultural values in human relations with others, and cultural values. human relations with himself.

 

Keywords: Value, Culture and Novel

References

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Irawan MN, Aguk. 2013. Musyahid Cinta. Jogjakarta: Nusa Creativa.

Koentjaraningrat. 2013. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunardjo, Nikmah Sulistiati, dan Yeni Mulyani. 2001. Analisis Struktur dan Nilai Budaya Syair Bertema Sejarah. Jakarta: Pusat Bahasa.

Setiadi, Elly M, Kama A. Hakam; dan Ridwan Effendi. 2012. Ilmu Sosial Budaya dan Dasar. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2018-10-28