PEMBELAJARAN MEMBACA CERITA ANAK DENGAN STRATEGI PEMETAAN CERITA RUMPANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 103 PALEMBANG

Authors

  • Hayatun Nufus Dosen Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2254

Abstract

ABSTRAK

 

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pemetaan cerita rumpang dapat meningkatkan keterampilan membaca cerita anak pada  siswa kelas V SD Negeri  103 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca siswa kelas V SD Negeri 103 Palembang melalui pembelajaran membaca cerita anak dengan strategi pemetaan cerita rumpang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 103 Palembang berjumlah 32 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes, angket, dan observasi. Berdasarkan pembahasan yang dilakukan, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pemetaan cerita rumpang pada materi pembelajaran membaca cerita anak siswa kelas V SD Negeri  103 Palembang, telah terlaksana dengan baik. Penggunaan strategi pemetaan cerita rumpang pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi pembelajaran membaca cerita anak dapat membantu siswa dalam mengembangkan imajinasinya serta meningkatkan keterampilan membaca cerita anak, hal ini dapat dilihat dari hasil tes pembelajaranmembaca cerita anak, baik dari prasiklus sampai siklus II. Persentase jumlah siswa yang tuntas pada saat prasiklus adalah 12 siswa atau 37,5%. Dengan nilai rata-rata 68,43. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, meningkat menjadi 20 siswa atau 62,5% dengan nilai rata-rata 70,31.  Kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 28 siswa atau 87,5% dengan nilai rata-rata 78,75. 

 

Kata kunci: membaca, cerita anak, strategi pemetaan cerita rumpang

 

EARNING TO READ CHILDREN'S STORIES WITH MASSAGE STORY MAPPING STRATEGIES IN CLASS V STUDENTS  STATE 103 STATE ELEMENTARY SCHOOL, PALEMBANG

 

ABSTRACT

The problem in this study is how the strategy of mapping the overlapping story can improve children's story reading skills in class V students of SD Negeri 103 Palembang. This study aims to find out and describe the improvement in reading skills of fifth grade students at the SD Negeri 103 Palembang through learning to read children's stories with a strategy of mapping up stories. This study uses action research methods. The subjects of this study were students of VA class Palembang SD Negeri 103 totaling 32 students. Data collection techniques used in this study were test techniques, questionnaires, and observations. Based on the discussion carried out, the implementation of learning by using the strategy of mapping the overlapping stories on learning material to read stories of children of fifth grade students of SD Negeri 103 Palembang, has been well implemented. The use of overlapping story mapping strategies in Indonesian language learning on children's learning competence in reading stories can help students develop their imagination and improve children's story reading skills, this can be seen from the results of learning tests reading children's stories, both from pre-cycle to cycle II. The percentage of students who complete at pre-cycle is 12 students or 37.5%. With an average value of 68.43. After taking action in the first cycle, it increased to 20 students or 62.5% with an average value of 70.31. Then in the second cycle the number of students who completed increased to 28 students or 87.5% with an average value of 78.75.

Keywords: reading, children's stories, overlapping story mapping strategies

References

Alwi, Hasan. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Metler, Craig A. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: Meningkatkan Sekolah dan Memberdayakan Pendidik. Jakarta: Indeks.Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. 2010. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Malang: Sinar Baru Algasindo.

Nurhadi. 2010. Membaca Cepat dan Efektif. Malang: Sinar Baru Algasindo.

Santa, Christina. 2013. Story Maps Strategy (online) http:// www.readingrockets.org /strategies/story_maps di akses 25 Februari 2015.

Santoso, Elha. 2008. Kamus Praktis Modern Bahasa Indonesia. Surabaya: Pustaka Dua.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2018-10-28