PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DALAM MATERI PEMBELAJARAN TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALEMBANG

Authors

  • Yulisar Panuah SMP N 21 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/parataksis.v2i2.4002

Abstract

Teknik pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal merupakan teknik pembelajaran di mana melibatkan siswa secara aktif dalam pelaksanaanya yang mana siswa dituntut untuk membuat kelompok belajar yang terdiri atas empat orang dan masing-masing kelompok diwajibkan untuk membuat pertanyaan kemudian kelompok lainnya harus menjawab pertanyaan yang dibuat kelompok lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh teknik pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal dalam materi pembeajaran teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang?. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal dalam materi pembeajaran teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palembang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2  sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik data yang digunakan adalah tes. Dari hasil perhitungan statistik uji-t dua pihak, diperoleh = 12,93 dan = 2,000 berarti sehingga Ha dapat diterima Ho ditolak. Dengan demikian, Ha dapat diterima berarti ada pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran Coopertive Learning tipe berkirim salam dan soal dalam materi pembelajaran teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: AR-RUZZ Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, Umar., dan S.L.La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-07-01