PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS KREATIF PUISI BERKENAAN DENGAN PERISTIWA YANG DIALAMI SISWA KELAS VII MTS. PATRA MANDIRI PLAJU

Authors

  • Tuti Sri Wahyuni Universitas PGRI palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/parataksis.v2i2.4019

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan siswa menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami siswa kelas VII MTs. Patra Mandiri Plaju. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan siswa menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami siswa kelas VII MTs. Patra Mandiri Plaju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu metode eksperimen dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu menulis puisi berdasarkan peristiwa yang pernah dialami/pengalaman pribadi siswa, teknik wawancara dan teknik dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami pada siswa kelas VII MTs.Patra Mandiri Plaju. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pre-test  sebesar 73,38 sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 83.16 tergolong sangat baik, sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 64,97 dan nilai post-test kelas kontrol sebesar 71,94 tergolong kurang baik. Hal ini juga dapat dibuktikan bahwa hasil uji hipotesis thitung  = 6,6 > ttabel = 1,667 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, menulis kreatif, puisi

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2015. Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Wali Pers.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi Ratna, Wendi Widya. 2008. Belajar Menuang Ide Dalam Puisi, Cerita, Drama. Klaten: PT Intan Pariwara.

Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metode Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Gani, Erizal. 2014. Kiat Pembacaan Puisi Teori & Terapan. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.

Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, Tukiran dkk. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Guntur Henry. 1990. Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tirtaraharja, Umar dan Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wardarita, Ratu. 2014. Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Elmatera.

Yunus, Syarifudin. 2015. Kompetensi Menulis Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Published

2019-07-01