PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP PATRA MANDIRI 2 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/parataksis.v3i2.4751Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP PATRA MANDIRI 2 PALEMBANG
Oleh: Kiki Amelia1Hetilaniar 2 Masnunah
MTs An Nur Palembang, Universitas PGRI Palembang
 Kikiamelia01101997@gmail.com, Heti_ardesya@yahoo.com, Masnunah42@gmail.comÂ
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode True Eksperimental Design Tipe Posstest Only Control Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Patra mandiri 2 Palembang. Hasil nilai perhitungan data belajar siswa menggunakan uji-t (T Test dari Anova) yang terdapat pada sebuah program SPSS versi 19. Menunjukkan bahwa yang berarti jika nilai Sig > 0,05 maka distribusi data homogen, dan jika nilai Sig < 0,05 maka distribusi data tidak homogen. Hasil perhitungan nilai signifikan diatas nilai yang diperoleh ternyata uji-t 0,54 > 0,05. Berarti nilai Sig > 0,05 maka peneliti menyimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Patra mandiri 2 Palembangâ€.
Kata Kunci : Model pembelajaran sinektik,Kemampuan menulis,Puisi
THE INFLUENCE OF SYNECTIC LEARNING MODEL TO WRITING
ABILITY OF POETRY STUDENTS IN CLASS VIII SMP PATRA
MANDIRI 2 PALEMBANG
Abstract
              The purpose of this study was to determine the effect of synectic learning models on the ability to write poetry for eighth grade students of Patra Mandiri 2 Junior High School in Palembang. The research method used is the True Experimental Design Type Posstest Only Control Design. The data analysis technique used is the test and documentation technique. Research Results on the ability to write poetry for eighth grade students of Patra Mandiri 2 Junior High School in Palembang. The results of the calculation of student learning data using the t-test (T Test from Anova) contained in an SPSS version 19. It shows that which means that if the Sig value> 0.05 then the homogeneous data distribution, and if the Sig value <0.05 then data distribution is not homogeneous. The result of calculating the significant value above the value obtained turns out to be t-test 0.54> 0.05. Meaning a Sig value> 0.05, the researcher concludes that "There is an Effect of a Synectic Learning Model on the Ability to Write Poetry in Class VIII Middle School Independent Patra 2 Palembang Students".
Keywords: Synectic learning model,Writing ability,Poetry
Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Tinika.
Dalman. (2016). Keteramilan Menulis. Depok: PT Rajagrafindo
Persada.
Handayani, F. (2016). Keefektifan model pembelajaran sinektik. Keefektifan Model Pembelajaran Sinektik, 1-160.
Hermawan, H. (2006). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Citra Praya.
Hetilaniar. (2019). Pengaruh Strategi Jumput Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Wahana Didaktika, 17(2), 12-19. hhtps://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/2499 diakses pada tanggal 13 febuari 2020
Joyce, B., Weil, M., & Emily, C. (2016). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Joyce, dkk. (2016). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muslim M.S.R. (2009). Menulis Karya Sastra. Palembang: CV Yoda Sahuri.
Rahmah, S. (2018). Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Baru Pada Siswa
Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Skripsi, 1-16.
Riduwan. (2014). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, P . G . (2008). Menulis. Bandung: Angkasa Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Alfabeta.