Piawai Menulis Artikel Pada Kanal Digital Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar

Authors

  • Hesti Hesti Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Salamah Salamah Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Salwa Fithri Al-Wathoniah Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i1.11562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan referensi pengajaran literasi menulis khusnya menulis artikel pada kanal digital kepada mahasiswa dengan menggunakan teknik meaningful instructional design yang sudah dimodifikasi dengan kegiatan bermain pada proses pembelajaran agar pembelajaran terasa lebih efektif dan menyenangkan. Penelitian ini mengedepankan aspek metode eksperimental. Terdapat dua kelas pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Responden penelitian adalah mahasiswa semester 4 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lampung yang berjumlah 64 orang yang diambil melalui cluster random sampling technique. Hasil perhitungan dengan t_(uji ) didapatkan bahwa t_(rasio= )3,21 ternyata lebih besar dari t_(tabel ) sebesar 5% diketahui t_tab = t_tab (1- ) = 1,996 dan taraf 1% diketahui t_tab= t_tab (1- ) = 2,56. Artinya ada signifikansi setelah pengajaran menulis dengan menggunakan teknik meaningful instructional design.

Downloads

Published

2023-02-26