PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASROOM BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE DALAM TEKS TANGGAPAN

Authors

  • M. Zainal Habib Universitas PGRI Semarang
  • Asrofah Universitas PGRI Semarang
  • Theresia Danik K Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2.16111

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan model flipped clasroom dengan bantuan media YouTube dalam teks tanggapan yang diberikan siswa di kelas IX SMP Negeri 6 Semarang. Metode deskriptif kualitatif digunakan. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang alami dan membutuhkan banyak interaksi. Wawancara, dokumentasi, dan observasi adalah sumber data penelitian ini. Sementara itu, hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi digabungkan untuk melakukan analisis data triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa faktor yang mendorong penerapan model flipped classroom berbantuan YouTube dalam pembelajaran teks tanggapan di kelas IX SMP N 6 Semarang adalah kemajuan teknologi, pelaksanaan kurikulum merdeka, dan inovasi dalam pembelajaran. Sementara itu, langkah-langkah penerapan model flipped classroom berbantuan YouTube dalam pembelajaran teks tanggapan di kelas IX SMP N 6 Semarang adalah guru memberikan video YouTube yang relevan kepada siswa, dan siswa memiliki akses ke video tersebut.

Downloads

Published

2024-07-15