PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MERANCANG DAN MEMBUAT SEBUAH PRODUK DALAM PEMBELAJARAN EKSPOSISI

Authors

  • Titin Astina Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Muhammad Ali Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Juan Miguel Santos University of the Philippines, Philippines
  • Katrina Mae Villanueva University of the Philippines, Philippines
  • Luis Gabriel Bautista University of the Philippines, Philippines

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v15i1.16300

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis proyek yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam merancang dan menghasilkan produk pada pembelajaran teks eksposisi. LKPD ini dirancang untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, dengan menekankan pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, serta kemampuan komunikasi melalui kegiatan praktis. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE, yang meliputi tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Belida Darat, Kabupaten Muara Enim. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis proyek ini efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk merancang dan menghasilkan produk teks eksposisi.

Downloads

Published

2025-01-24