PENERAPAN STRATEGI BERDIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI

Authors

  • Sinta Putrika Sari Universitas PGRI Semarang
  • Asrofah Universitas PGRI Semarang
  • Sri Handayani SMA Negeri 11 Semarang
  • Nazla Maharani Umaya Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2.16304

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi berdiferensiasi dalam pembelajaran teks biografi di kelas X SMA N 11 Semarang guna mengetahui efektivitas strategi ini dalam memenuhi kebutuhan belajar yang beragam di antara peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kelas X SMA N 11 Semarang dan guru Bahasa Indonesia, Ibu Sri Handayani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki beragam gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) yang diidentifikasi melalui asesmen diagnostik. Guru menerapkan diferensiasi dalam konten, proses, produk, dan lingkungan belajar untuk menyesuaikan dengan karakteristik tersebut. Strategi ini mencakup penggunaan presentasi PowerPoint dan Canva untuk peserta didik visual, ceramah dengan tutor sebaya untuk peserta didik auditori, serta mind mapping dan permainan puzzle untuk peserta didik kinestetik. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategi berdiferensiasi meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran teks biografi, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Strategi ini membantu mengoptimalkan potensi masing-masing peserta didik dan membentuk karakter serta wawasan yang lebih luas.

Downloads

Published

2024-07-25