PENERAPAN STRATEGI BERDIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI DI KELAS X

Authors

  • Sinta Putrika Sari Universitas PGRI Semarang
  • Asrofah Universitas PGRI Semarang
  • Sri Handayani SMA Negeri 10 Semarang
  • Nazla Maharani Umaya Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2.16304

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa efektif strategi berdiferensiasi dalam mengajar teks biografi di kelas X SMA N 11 Semarang. Strategi ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dari siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Salah satu subjek penelitian adalah Ibu Sri Handayani, guru Bahasa Indonesia di kelas X SMA N 11 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki gaya belajar yang berbeda—visual, auditori, dan kinestetik—yang diidentifikasi melalui evaluasi. Guru mengubah konten, proses, produk, dan lingkungan belajar untuk sesuai dengan fitur ini. Dalam strategi ini, peserta didik visual memanfaatkan presentasi PowerPoint dan Canva, peserta didik auditori memanfaatkan ceramah dengan tutor sebaya, dan peserta didik kinestetik memanfaatkan mind mapping dan permainan puzzle. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategi berdiferensiasi meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran teks biografi, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Strategi ini membantu mengoptimalkan potensi masing-masing peserta didik dan membentuk karakter serta wawasan yang lebih luas.

Downloads

Published

2024-07-25