IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO YOUTUBE KANAL TEATER LINGKAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA

Authors

  • Dimas Khalish Jabbar Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang
  • Neyama Lukitasari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Ulfiyani Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2.16362

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media video YouTube Kanal Teater Lingkar dalam pembelajaran menulis teks drama di kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Materi menulis teks drama adalah materi Bahasa Indonesia umum yang ada di kelas XI SMA, dan keterampilan menulis dan kreativitas siswa diperlukan untuk menulis naskah yang berkualitas tinggi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami fenomena secara langsung di lapangan sehingga mereka dapat memahami situasi dan kondisi yang sebenarnya. Tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi adalah sumber data penelitian ini. Menurut penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa hal yang memengaruhi penggunaan media video YouTube Channel Theatre Circus. Beberapa di antaranya adalah kemajuan teknologi dan inovasi dalam pembelajaran. Dari penelitian ini didapati hasil berupa meningkatnya literasi dan kemampuan berpikir kritis dari peserta didik.

Downloads

Published

2024-07-30