NILAI MORAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM RANAH 3 WARNA KARYA GUNTUR SOEHARJANTO SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Authors

  • Dinda Luthfiah Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Muhammad Ali Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Abdullah bin Mohammed Al-Saud King Saud University, Saudi Arabia
  • Lubna Noor Aisha King Saud University, Saudi Arabia

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v15i1.17567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral dan pendidikan yang terdapat dalam film Ranah 3 Warna karya Soeharjanto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode kualitatif berfokus pada data yang alami dan menghubungkannya dengan konteks keberadaannya. Data yang dianalisis dalam penelitian deskriptif umumnya berupa kata-kata atau gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Ranah 3 Warna memuat beberapa nilai moral, yaitu: (1) hubungan manusia dengan Tuhan mencakup keimanan, ibadah, memohon ampun, dan rasa syukur; (2) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi sikap bijaksana, berpendirian, dan keikhlasan; (3) hubungan manusia dengan sesama mencakup sikap saling menolong, memberikan teguran, berperilaku adil, bertanggung jawab, memberikan semangat, serta menghindari perilaku tidak sopan; dan (4) hubungan manusia dengan lingkungan mencakup hidup berdampingan secara harmonis dan peduli terhadap sekitar. Selain itu, nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam film ini meliputi: (1) nilai pendidikan moral, (2) nilai pendidikan sosial, (3) nilai pendidikan budaya, dan (4) nilai pendidikan religius.

Downloads

Published

2025-01-24