KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ULAKAN TAPAKIS

ilham furqani

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk (1) menjelaskan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis, (2) untuk menggambarkan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis; dan (3) mendeskripsikan keterakaitan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumenya, yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis. Data dalam penelitian ini yaitu skor keterampilan membaca pemahaman dan skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis.   Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis yang tedaftar pada tahun akademik 2019/2020 yang berjumlah 168 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang. Pengambilan sampel penelitian ini dilakuakn dengan teknik propotional random sampling. Hasil dan pembahasan artikel ini yaitu siswa masih kesulitan dalam menulis teks eksposisi terutama dalam pemilihan diksi yang tepat. Siswa kesulitan dalam menuangkan fakta-fakta dalam tulisan. Dalam membaca pemahaman siswa masih kesulitan dalam menentukan isi yang terdapat dalam bacaan. Katerampilan menulis memberikan sumbangan yang sangat signifikan terhadap keterampilan membaca. Oleh karena itu, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi terhadap keterampilan menulis menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis memberikan koresional atau hubungan terhadap teks eksposisi tersebut.


Keywords


Korelasi, Keterampilan Membaca Pemahaman, Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Rabiatul. 2013. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Diskusi Siswa Kelas IV SDN Inti Tomoti”. Jurnal Kreatif Tadulako. Online Vol 5 No 3. https://media.neliti.com/media/publications/114314-ID-peningkatan-kemampuan-membaca-pemahaman.pdf. Diunduh 12 Februari 2020.

Agustina. 2008. Pembelajaran Keterampilan Membaca (Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP.

Kosasih, E. (2014) Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

Khasanah dan Cahyani. 2016. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Question Answer Relationships (Qar) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pedagogik Pendidikan Dasar”. Online Vol 4, No 2, 161-175. https://ejournal.upi.edu/index.php/ppd/article/view/6468. Diunduh 10 Februari 2020.

Mangalandong, Maya Sry, dkk. 2018. “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 9 Padang”. Juranal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Online Vol 7 No 3 144-149. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/100724. Diunduh 10 Februari 2020.

Prastio, Toto, dkk. (2017). “Korelasi Keterampilan Memahami Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Painan”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2), 388-394. http://ejournal.unp.ac.id/. Diunduh pada 10 Februari 2020.

Putri, Sri Rani, dkk. 2019. “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Online Vol. 8 No.8, 188-194. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/103935. Diunduh 12 Februari 2020.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/pembahsi.v10i2.4119

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PEMBAHSI Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.