Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Teks Eksposisi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin.

Authors

  • Fitriana Mawarni SMA Negeri 1 Sembawa
  • Yessi Fitriani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4293

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil tes (ulangan harian). Berdasarkan hal tersebut dapat pula diidentifikasi beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa, diantaranya dirumuskan sebagai berikut : Apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Teks Eksposisi dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran mencari informasi (information search). Adapun tujuan penelitian ini adalah  menemukan suatu model pembelajaran yang efektif, disenangi siswa dan dapat meningkatan prestasi belajarnya. Prosedur yang ditempuh dalam penelitian ini, diawali dengan melakukan refleksi  terhadap proses dan hasil pembelajaran. Selanjutnya dilakukan diskusi dengan teman sejawat mengenai kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran yang perlu dilakukan perbaikan. Hasil diskusi dalam bentuk saran perbaikan pembelajaran yang menjadi acuan dalam melaksanakan program perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2019-08-01