PENGARUH FILM INDIE (INDEPENDENT) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TALANG KELAPA

Authors

  • Juaidah Agustina
  • Mardiana Mardiana

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4297

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talang Kelapa menggunakan media pembelajaran film indie (independent). Melalui metode kuantitatif dengan teknik simple random sampling peneliti dapat membedakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talang Kelapa yang berjumlah 123 siswa. Dengan sampel kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang jumlahnya sama 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Berdasarkan analisis data mengenai hasil belajar siswa melalui Uji-t maka diperoleh nilai thitung = 3,67  sedangkan ttabel = 1,67. Dari hasil perhitungan didapat bahwa thitung ≥ ttabel maka Ha diterima dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 77,16 dan kelas kontrol 66,43. Dengan demikian hipotesis yang penulis kemukakan yaitu “Terdapat pengaruh film indie (independent) terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talang Kelapa†terbukti kebenarannya.

Downloads

Published

2019-08-03