ANALISIS GAYA BAHASA DAN PERSAJAKAN PADA KUMPULAN LAGU ARMADI RAGA DALAM ALBUM AU

Authors

  • Sari Merlita UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Siti Rukiyah
  • Arif Ardiansyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v11i1.4316

Keywords:

gaya bahasa, sajak, lagu

Abstract

ABSTRAK                                                     

Penelitian ini mengkaji ragam gaya bahasa dan persajakan pada kumpulan lagu Armadi Raga dalam album Au.Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis gaya bahasa dan persajakan pada kumpulan lagu Armadi Raga dalam album Au. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik cakap (wawancara), simak, dan catat.Berdasarkan hasil analisis yang ditemukan 25 gaya bahasa dan yang dominan paling sering digunakan pada kumpulan lagu Armadi Raga adalah gaya bahasa/ majastautologi sebanyak 8, hiperbola 5 kali, simile 4 kali, litotes 4 kali, metafora 1 kali, metonimia 1 kali, kontradiksiointerminis 1 kali, dansinisme 1 kali. Selanjutnya pada persajakan ditemukan 16 sajak meliputi sajak akhir 7, sajak awal 6 kali, sajak tengah 2 kali, sajak tak sempurna 1 kali.

 

References

Arisman, M. (2016). Analisis majas dalam novel ayah karya andrea hirata dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas xi sma [phd thesis]. Pbsi-fkip.

Cahyadi, A. D., & Koswara, D. (2016). Kajian struktural, stilistika, dan etnopedagogi dalam kumpulan puisi (sajak) periode tahun 2000-an. Lokabasa, 5(1).

Heru, A. (2018). Gaya bahasa sindiran ironi, sinisme dan sarkasme dalam berita utama harian kompas. Jurnal pembahsi (pembelajaran bahasa dan sastra indonesia), 8(2), 43.

Indriyana, H., & Handayaningsih, S. (2015). Pintar bahasa indonesia super lengkap. Indonesiatera.

Kasmarani, M. (2017). Analisis stilistika novel daun yang jatuh tak pernah membenci angin karya tere liye dan novel belenggu merah muda karya tyas damaria. Jurnal pembahsi (pembelajaran bahasa dan sastra indonesia), 7(2), 19.

Keraf, G. (1991). Narasi dan argumentasi. Jakarta: gramedia.

Nuraini, A., & arifin, E. Z. (2020). Nilai kehidupan dan moral dalam novel ranah 3 warna karya ahmad fuadi. Diskursus: jurnal pendidikan bahasa indonesia, 3(01), 1–8.

Rais, P. (2012). Panduan super lengkap majas eyd peribahasa. Yogyakarta: buku pintar.

Siswantoro. (2010). Metode penelitian sastra.

Sugiantomas, A., Jaelani, A. J., & Maesaroh, E. (2016). Perbandingan sk dan kd pada standar isi kurikulum 2006 dengan ki dan kd pada standar isi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa indonesia smp kelas vii dilihat dari taksonomi tujuan pembelajaran, cakupan ilmu keterampilan berbahasa, ilmu kebahasaan, dan ilmu kesastraan. Fon: jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia, 9(2).

Waridah, E. (2013). Eyd; ejaan yang disempurnakan & seputar kebahasa-indonesiaan. Ruang kata.

Yusnaini, Y. (2020). Makna simbolik dan kritik sosial dalam kumpulan puisi doa untuk anak cucu karya ws. Rendra. Jurnal pembahsi (pembelajaran bahasa dan sastra indonesia), 10(1), 48–66.

Downloads

Published

2021-02-28