PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 PALEMBANG

Authors

  • Yulisar Panuah SMP Negeri 21 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v10i1.4472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation (GI) dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII Smp Negeri 21 palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji t. Hasil dalam penelitian ini pertama model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Palembang. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai sig (probabilitas) lebih kecil dari 0,025, maka Ha diterima. Kedua motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Palembang. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,020 Karena nilai sig (probabilitas) lebih kecil dari 0,025, maka Ha diterima. Ketiga   Model Pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dan motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Palembang. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa nilai probabilitas interaksi Model Pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dan motivasi (0,024) < 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Published

2020-01-12