PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMK PGRI 2 PALEMBANG

Authors

  • Renta Sri Mariana Siregar
  • Hetilaniar Hetilaniar
  • Zainal Abidin

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v11i1.4715

Keywords:

Strategi Pembelajaran, menulis teks eksplanasi kompleks, Siswa

Abstract

ABSTRAK

Pengaruh Strategi Pembelajaran Information Search Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMK PGRI 2 Palembang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran Information Search terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks kelas XI SMK PGRI 2 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi Information Search terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks kelas XI SMK PGRI 2 Palembang Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen One-Grup Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 2 Palembangyang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan statistik uji-t dua pihak, diperoleh t hitung = 3,56 dan t tabel dengan taraf signifikan 0,05 % dengan diperoleh t tabel = 1,68. Demikian, ternyata t hitung  >t tabel (1-α) (3,56 > 1,68). Maka, hipotesis tentang ada  pengaruh yang signifikan dengan menggunakan strategi pembelajaran Information Search terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMK PGRI 2 Palembang†Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh strategi pembelajaran information search terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMK PGRI 2 Palembang

References

Aminudin, dkk, 2008. Pelajaran bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta. Pusat Perbukuan.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Edisi 2.Dasar-Dasar Evaluasai Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta: RinekaCipta.

Astuti, E Dwi. 2015. Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas 10A. Solo: CV. HakaMj.

Burahman, Hendi. (2009). Model Pembelajaran(http://aloneducation..blogspot.com). Diakses tanggal 17 Desember 2014.

Dalman, H. 2012. Keterampilan Menulis. Jakara: PT Raja Grafindo Persada.

Dalman.(2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamruni 2011:161, Pengertian Information Search.

Hidayat, B. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Melalui Media Berbasis Audio. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 7(1), 28-41.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Kusumaningsih, Dewi. (2013).Terampil berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Marno dan Idris, (2008). Model dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Sinar Baru

Algensindo.

Nurgiyantoro, 2009:152-153. Kriteria Menulis Teks eksplanasi Kompleks

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitattif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitattif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyati, S. (2019). Peningkatan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model pembelajaran resiprokal pada mata pelajaran b. Indonesia siswa kelas vii smp negeri 1 rambutan banyuasin. Jurnal pembahsi (pembelajaran bahasa dan sastra indonesia), 9(1), 66-74.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wardarita, Ratu. (2010). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Palembang:Pararaton.

Downloads

Published

2021-02-28