PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI SECARA LISAN DENGAN POLA KOLABORATIF THINK PAIR SHARE MELALUI MEDIA VIDEO PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPA1 SMAN 2 BANYUASIN 1

yusnah yusnah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video pada peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 2 Banyuasin 1. Penelitian ini untuk mengukur tingkat keberhasilan memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui video diadakan tes evaluasi disetiap siklus yang dilakukan. Pada siklus I nilai rata-rata keaktifan siswa 50,%, pada siklus II nilai rata-rata keaktifan siswa mencapai 90%, artinya nilai keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 40%. Selanjutnya nilai kemampuan perserta didik dalam memproduksi teks eksposisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video. pada siklus I baru mencapai 62,33% setelah diadakan tindakan pada siklus II nilai rata-rata keterampilan memproduksi teks ekspsisi secara lisan dengan pola kolaboratif think pair share melalui media video mencapai 76,83%. Jadi ada peningkatan sebesar 14,50%. Berdasarkan nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pola kolaboratif think pair share melalui media vidio mampu meningkatkan keterampilan memproduksi teks eksposisi secara lisan pada peserta didik kelas X IPA1 SMAN2 Banyuasin 1.

Kata kunci: Memproduksi Teks Eksposisi, Pola kolaboratif Think pair Share, Media Video.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/pembahsi.v10i2.4890

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PEMBAHSI Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.