PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PROSEDUR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 PRABUMULIH

Sri Novianti

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks prosedur menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa kelas VII SMP Negeri 12 Prabumulih. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif. Data berupa tes digolongkan sebagai data kuantitatif dan data yang berupa observasi digolongkan sebagai data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa yang diterapkannya mengidentifikasi teks prosedur menggunakan pendekatan kontekstual.  Hal ini sesuai dengan pengamatan observer yang telah dilakukan pada siswa mulai dari siklus I sampai Siklus III dan terjadi peningkatan disetiap siklusnya yaitu rata-rata siklus I, II dan III menjadi 90,62%. Peningkatan juga terjadi pada observasi  yang dilakukan oleh guru yaitu pada siklus I, II dan III meningkat menjadi 95,65%. Melalui penggunaan pendekatan kontekstual  dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menjadi 85.  Dengan demikian, penggunaan pendekatan kontekstual pada  materi mengidentifikasi teks prosedur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Prabumulih.

 Kata Kunci : mengidentifikasi, teks prosedur, pendekatan kontekstual


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/pembahsi.v10i2.4892

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PEMBAHSI Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.