UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS IV SDN 1 TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Authors

  • fahirun fahirun SDN 1 Tanjung Agung
  • Missriani Missriani Universitas PGRI Palembang
  • Yessi Fitriani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v10i2.4899

Keywords:

Menulis deskripsi, Model Pembelajaran Langsung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar melalui model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tes tertulis deskriptif melalui model pembelajaran langsung dan observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan setiap siklus. Siklus 1, rata-rata kemampuan menulis uraian siswa adalah 62,93 siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa. Siklus 2 berjumlah 68,99 dan siklus 3 berjumlah 81,82 siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa. Keaktifan belajar siswa siklus 1 keaktifan belajar siswa 24%, siklus 2 60% dan siklus 3 92%, siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa.

Kata Kunci: Menulis deskripsi, Model Pembelajaran Langsung

References

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori. Mohammad. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Arends, Bloom, B.S. 2011. Taxonomy of Educational Objectives, The Classification of Educational Goals, Hand Book 1: Cognitive Domain. USA : Longman Inc.

Gie. The Liang. 2010. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty.

Halim, Amran, dkk. 2014. Ujian Bahasa. Bandung: Ganaco NV.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Rahim, Farida. 2017. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Bumi Aksara.

Satori, Muhammad. 2010. Penelitian Kualitatifdan Pendekatannya. Bandung: Alfabeta.

Semi, Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sudrajat. 2015. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Downloads

Published

2020-08-05