Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Pada Teks Eksplanasi Berbasis Literasi

Authors

  • Mardiah Hayati
  • Fisnia Pratami
  • Sugiarti Sugiarti

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v12i1.5475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD teks eksplanasi berbasis literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan pengembangan LKPD teks eksplanasi berbasis literasi, 2) keefektifan penerapan LKPD teks eksplanasi berbasis literasi. Prosedur yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah menurut Borg and Gall sehingga menghasilkan LKPD. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan para ahli untuk memvalidasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah uji coba skala terbatas 82,02%, dan uji coba skala luas 86,40%. Hasil keseluruhan menempatkan LKPD pada teks eksplanasi berbasis literasi dalam kategori sangat layak. LKPD teks eksplanasi berbasis literasi cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dengan skor N-gain 0,39 termasuk kategori cukup efektif.

 

Kata kunci :  Literasi, LKPD, Teks Eksplanasi.

References

Alfin, J. (2018). Membangun budaya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0. PENTAS: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 60–66.

Anitah, S. (2007). Strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aritonang, B. D., Citra, I. A., Ningsih, N. P. D. T., & Nuriasih, K. A. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK SD MELALUI METODE BERCERITA. Prosiding Pedalitra, 1(1), 297–309.

Fadillah, I., & Dini, K. (2021). Digital storytelling sebagai strategi baru meningkatkan minat literasi generasi muda. Journal of Education Science, 7(2), 81–98.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Kosasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya, 170.

Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sudjana, N. (2005). Penilaian hasil proses belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, M. (2015). Penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Utomo, E. P. (2018). Pengembangan LKPD berbasis komik untuk meningkatkan literasi ekonomi peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 1–10.

Downloads

Published

2022-06-15