Afiksasi Pembentuk Verba Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII MTS Muhammadiyah Lebung Itam

Authors

  • Desti Mahareta
  • Zainal Abidin
  • Dessy Wardiah

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v11i2.6174

Keywords:

Kata kunci, afiksasi verba, karangan deskripsi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini menulis karangn deskripsi yang menganalisis afiksasi pembentuk verba dalam karangan deskripsi siswa VII MTs muhammadiyah lebung itam. Dalam pembelalaran bahasa Indonesia di kelas VII diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat tulisan karangan deskripsi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis,serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya sastra Indonesia. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan afiksasi pembentuk verba dalam karangan deskripsi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan deskripsi siswa kelas VII  MTs Muhammadiyah Lebung Itam teknik pengumpulan data yang di gunakan teknik observasi dan dokumentasi. Tekniks analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Berdasarkan analisis data pembahasan tentang afiksasi pembentuk verba dalam karangan deskripsi dapat di simpulkan, pertama ditemukan 63 kata yang berafiks verba. Kedua terdapat siswa yang masih belum lengkap dalam menulis karangan deskripsi berdasarkan karangan.

 

Kata kunci: afiksasi verba, karangan deskripsi

 

References

Abdul, C. (2003). Seputar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Pineka Cipta.

Arifin, Z. (2007). Morfologi: Bentuk, Makna & Fungsi. Gramedia Widiasarana.

Chaer, A. (2016). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fitriani, F. (2019). Analisis Kesalahan Penulisan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sekayu. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 167–178.

Heru, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Menulis Karangan Deskripsi. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(1), 29–34.

Kridalaksana, H. (1986). Kelas kata dalam bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Missriani, M., & Fitriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Melalui Model Pembelajaran Langsung Di Kelas IV SDN 1 Tanjung Agung Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 10(2), 121–135.

Muhammad, M. H. (2011). Metode penelitian bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulae, S. O., & Sarif, D. (2021). Kekerabatan Bahasa Non-Austronesia Di Halmahera Barat (Bahasa Sahu, Waioli, Gamkonora, Ibo, Tobaru, Loloda) Bahasa Ternate Dan Bahasa Tidore. Humano: Jurnal Penelitian, 12(2), 48–55.

Mulyono, I. (2013). Morfologi (Teori Sejumput dan Problematik Terapannya). Bandung: Yrama Widya.

Downloads

Published

2022-02-04