Pengaruh Strategi Story Maps Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Yayasan Harapan Ibu

Authors

  • Septi Piani Universitas PGRI Palembang
  • Yenni Puspita Universitas PGRI Palembang
  • Hetilaniar Hetilaniar

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v11i2.6201

Keywords:

Story Maps, Cerpen, posttes-only control design

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh  Strategi Story Maps Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Yayasan Harapan Ibu. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttes-Only Control Design dengan menggunakan tes akhir pada kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik wawancara. Diperoleh nilai tes akhir kelas eksperimen rata-rata 83,20. Nilai akhir rata-rata kelas kontrol adalah 73,36. Hal ini diperoleh dari hasil hitungan secara statistik pada uji t, hasil  = 5,480 dengan dk = 29 pada taraf signifikan 0,05% sehingga dk = 2,04 jadi  ≥   = 5,480 ≥ 2,04 sehingga  dinyatakan signifikan. Dapat dinyatakan Ho ditolak Ha diterima, yang berarti pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran story maps terhadap keterampilan menulis cerpen. Selanjutnya pada uji homogenitas variabel penelitian diketahui nilai Levene Statistic sebesar 0,05, sedangkan nilai signifikan lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,060. Karena harga sig > 0,05 maka hipotesis yang menyatakan bahwa data diperoleh  dari populasi yang homogen. Dengan demikian hipotesis yang peneliti kemukakan adalah “Terdapat Pengaruh  Strategi Story Maps Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Yayasan Harapan Ibu†terbukti kebenarannya

References

Agustina, J., & Mardiana, M. (2019). Pengaruh film indie (independent) terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas xi sma negeri 1 talang kelapa. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 159–166.

Heru, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Menulis Karangan Deskripsi. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(1), 29–34.

Nofita, A., Hasani, A., & Mawadah, A. H. (2019). Hubungan kecerdasan kinestetik dan penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks ulasan karya siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2).

Riduwan, M. (2002). Metode Dan Teknik Penyusunan Tesis. Alphabet, Bandung.

Strachan, C., & Mitchell, J. (2014). Teachers’ perceptions of Esri Story Maps as effective teaching tools. Review of International Geographical Education Online, 4(3), 195–220.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, M. (2015). Penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sundana, L., Harun, M., & Idham, M. (2017). Kearifan Lokal Masyarakat Aceh Dalam Kumpulan Cerpen Melalui Ilusi Waktu Karya Musmarwan Abdullah. JIM Pendididikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 151–166.

Downloads

Published

2022-02-04