Pemakaian Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Penyelesaian Kasus Persidangan Perdata

Authors

  • Putri Sarah universitas pembangunan nasional "veteran" jakarta
  • Hindun Hindun

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v11i2.6727

Keywords:

Bahasa Indonesia, Hukum, Mediasi, Perdata

Abstract

Masih banyak orang yang terkesan terjebak saat mereka berhadapan dengan hukum hanya karena penggunaan bahasa Indonesia yang belum tepat. Hal ini dapat ditemui dalam sebuah penyelesaian kasus persidangan perdata.  Pada penyelesaian perkara perdata sering ditemui pada istilah yang hanya diketahui oleh lembaga peradilan. Misalnya pada kata paten atau penggunaan bahasa asing seperti force majeure dan seiendes-sollen yang membuat orang awam sulit mengerti arti kata tersebut sehingga mengkibatkan maksud lain dari arti yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginventarisasi dan mendeskripsikan karakteristik bahasa yang baik dan benar dalam bidang hukum yang digunakan dalam penyelesaian kasus persidangan perdata serta pengaruhnya terhadap dunia hukum. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan campuran, yaitu menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan teknik penyebaran angket dan studi pustaka.  Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa ciri khas penggunaan tuturan bahasa hukum, struktur bahasa indonesia yang baik dan benar,dan pengaruh dari penggunaan bahasa hukum terhadap hasil penyelesaian perkara. Karakteristik tersebut diantaranya : pertama, penggunaan istilah asing oleh para praktisi hukum. Kedua, penerapan penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar yang perlu diterapkan oleh semua rakyat indonesia. Sehingga kelak akhirnya , suatu perkara dapat diselesaikan dengan menciptakan keadilan bagi semua pihak

 

Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Hukum,Mediasi,Perdata

References

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2003). Tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Anisa, L. N. (2015). Implementasi Prinsip Neutrality Dalam Proses Mediasi. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(1), 179–197.

Endang, E., & Fitriani, Y. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Laporan Hasil Observasi Pada Siswa SMA. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 24–31.

Kusno, G. (2011). Sepuluh Bahasa Terbanyak Dipakai di Dunia. Accessed on January, 26, 2016.

Muaffaq, N. A. (2012). Fonologi Bahasa Indonesia. Alaudin University Press.

Mustakim, M. (1996). Tanya jawab Ejaan Bahasa Indonesia untuk Umum. Gramedia.

Downloads

Published

2022-02-05