Peran Gerakan Literasi Desa Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Diswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Tabah Riyadi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v11i2.6862

Keywords:

Literasi, Minat Membaca, Calistung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kegiatan literasi, hambatan dan usaha yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar dengan menggunakan metode calistung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Penerapan konsep Desa Literasi 1) Aktivitas Literasi melalui penyuluhan pentingnya pendidikan, recruitment and upgreading fasilitator, melaksanakan proses pengajaran metode calistung berbasis kearifan lokal, pendampingan kecakapan hidup, program kegiatan rutin untuk masyarakat tertargetdan menciptakan pojok baca desaterlaksana dengan baik, 2) Terbentuk 12 Fasilitator yang kompeten mendampingi masyarakat dalam memberantas buta aksara.3)Katalisatorsebagai agen perubahan, 4) Penyediaan Inkubator Desa yaitu pojok baca dengan program budaya minimal 5 menit membaca dan membentuk rumah pintar denganprogram 1 dusun 1 rumah pintar, 5) Penerapan pengajaran metode calistung kepada masyarakat dilakukan dengan metode pretes and post-tes, hasil pretes terhadap 60 orang warga belajar terpilih mengalami buta aksara maka dengan metode pendampinganfasilitator tim relawan literasi selama 2 kali seminggu dan dilanjutkan tutor pelaksana keluarga, sedangkan hasil post-tes mengalami peningkatan keberhasilan mengenal huruf, membaca dasar dan berhitung hingga 85%.

           

Kata Kunci: literasi, minat membaca, calistung.

 

References

Arikunto, S (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166.

Dharma, K. B. (2013). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca SIswa di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29–34. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34.

Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Kasiyun, S. (2015). Jurnal Pena Indonesia (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 80–95.

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). ProblematikaGuru Dalam Melaksanakan Program Literasi Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, III (November), 31–37.

Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328.

Mariyono. (2016). Strategi Pemberantasan Buta Aksara Melalui Penggunaan Teknik Metastasis Berbasis Keluarga. Pancaran.

Mutia, P., Atmazaki, & Nursaid. (2018). Implementasi aktivitas literasi di sma negeri batusangkar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 257–266.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156.

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1(2).

Quraisy, H., & Babo, R. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Desa Yang Buta Huruf. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.26618/equilibrium.

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151–174.

Ruslan, & Wibayanti, S. H. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019, 767–775.

Sadli, M., & Saadati, B. A. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Termpil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829.

Salma, A., & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 122–127. Retrieved from http://www.mendeley.com/research/analisisgerakan-literasi sekolah-terhadap-minat-bacasiswa-siswa-sekolah-dasar.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

Sultan, M. A., & Irawan, D. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal IlmiahIlmu Kependidikan. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.149.

Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Suyono Titik Harsiati Ika Sari Wulandari Universitas, 26(2), 116–123.

Wahyono, S. B. (2011). Optimalisasi Program Desa Informasi Melalui Penguatan Kelembagaan. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM.

Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 17(1), 179–189. https://doi.org/10.21831/diksi.v17i1.6580.

Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Wulanjani, A. Ni., & Anggraeni, C. W. (2019). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Sekolah (Gls) Dengan Pendekatan Goal-Based Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.

Downloads

Published

2022-02-05