Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak Dalam Film Laskar Pelangi Dan Freedom Writers

Authors

  • Danur Jatmiko universitas muhammadiyah surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v12i1.6999

Keywords:

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Laskar Pelangi, Freedom Writers

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam film Laskar Pelangi dan Freedom Writers. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif. Deskripsi kualitatif merupakan metode yang mendeskripsikan hasil fakta atau data yang diperoleh dari sumber data. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Teknik pengumpulan data ini digunakan sebagaimana dari penayangan dua film yang disediakan, kemudian masing-masing film disimak dan mencatat sesuai dengan target yang diinginkan. Hasil penelitian ini ditemukan terdapat 4 nilai di film Laskar Pelangi dan 4 nilai di film Freedom Writers. Dalam film Laskar Pelangi ditemukan, yaitu nilai toleransi, nilai kerja keras, nilai kejujuran, dan kepedulian sosial. Sedangkan dalam film Freedom Writers ditemukan juga nilai-nilai, yaitu menjauhi rasisme, keadilan, pantang menyerah, dan kepedulian. Kata kunci: nilai-nilai pendidikan karakter, laskar pelangi, dan freedom writers.

References

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

Graffy, J. (2011). Literature and film. The Cambridge Companion to Twentieth-Century Russian Literature, 235–250.

Ishaq, I. (2006). Pendidikan sebagai investasi masa depan. Yayasan Obor Indonesia.

Jones, S. A. (2019). Freedom writer. Big Issue Australia, 580, 36–37.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sulistyowati, D. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Usia Pertengahan Tentang Bahaya Minuman Keras Dengan Perilaku Minum-Minuman Keras Di Desa Klumprit Sukoharjo [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanti, A., & Asyari, I. (2017). Nilai Pendidikan Dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini. MEDIAKOM, 1(1).

Downloads

Published

2022-06-15