Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Pragmatik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Indah Rohmalinda SDN 213 Palembang
  • Missriani Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v12i2.9555

Keywords:

Pendekatan pragmatik, berbicara, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lngkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mengunakan pendekatan pragmatik dalam pembelajaran keterampilan berbicara di kelas VI di SD Negeri 213 Palembang, Sumatera Selatan. Metode penelitianyang digunakan adalah penelitian Naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa. Hasil analisis menujukan bahwa ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 70%. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pragmatik dalam upaya meningkat ketuntasan belajar secara klasikal. Sedangkan motivasi belajar siswa tergolong tinggi dengan skor rata-rata yaitu 30%.

References

Alfin, Jauharoti. "Membangun budaya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0." PENTAS: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4.2 (2018): 60-66.

Al-Pansori, Muh Jaelani. "Implementasi Pendekatan Pragmatik Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah." Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 4.02 (2016).

Busri, Hasan, et al. LINGUISTIK TERAPAN Konsep Pembelajaran dan Penelitian Linguistik Mutakhir. Literasi Nusantara, 2021.

Farhurohman, Oman. "Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI." Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar 9.1 (2017): 23-34.

Hidayah, Nurul. "Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar." TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2.2 (2015): 190-204.

Mohamad Rizan, S. E., et al. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Ahlimedia Book, 2022.

Nirmala, Vita. "Iklan dalam Pembelajaran Pragmatik di Sekolah Menengah Atas." BIDAR: Jurnal Ilmiah Kebahasan & Kesastraan 8.1 (2018).

Setiawati, Eti, and Heni Dwi Arista. Piranti Pemahaman Komunikasi dalam Wacana Interaksional: Kajian Pragmatik. Universitas Brawijaya Press, 2018.

Situmeang, Tiurmaida. Peningkatan kemampuan membaca permulaan secara tematik melalui metode mueller di kelas I SD Negeri 060808 Medan tahun pelajaran 2012/2013. Diss. UNIMED, 2013.

Siyoto, Sandu, and Muhammad Ali Sodik. Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing, 2015.

Supriadin, Supriadin. "Peningkatan Hasil Belajar Menulis Kalimat Efektif Dalam Paragraf Argumentasi Melalui Kegiatan Peer Correction Pada Siswa Kelas Viii Smpn 1 Ambalawi Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2014/2015." Jurnal Ilmiah Mandala Education 2.1 (2018): 33-38.

Downloads

Published

2022-08-15