MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • AYU ANNA KARENINA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v6i1.10890

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini, desain pembelajaran bahasa Inggris

Abstract

Anak-anak pada usianya kegiatannya tidak hanya bermain saja, anak usia dini tentu perlu mendapatkan pendidikan walaupun diusia nya yang masih anak-anak. Hal tersebut agar memunculkan rangsangan untuk mereka siap belajar. Anak-anak dalam masa pertumbuhannya tentu belajar banyak hal, oleh karena itu Pendidikan merupakan bentuk manajemen yang berorientasi pada arah pertumbuhan dan perkembangan si anak. Sejak usia dini, anak-anak hanya dapat diajarkan dasar-dasar bahasa Inggris dan diajarkan melalui permainan yang ditargetkan. Melalui permainan yang ditargetkan, anak-anak dapat belajar banyak hal. Desain instruksional merupakan bagian integral dari beberapa komponen pembelajaran yang saling berinteraksi, berhubungan, dan bergantung satu sama lain untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan. Pembelajaran di ikuti dengan komponen meliputi anak atau siswa, pedidik, silabus, materi ajar, alat pendukung belajar, sumber studi, proses pelajaran, akomodasi, zona, dan arah pembelajaran. Bagian ini harus disiapkan bersama dengan tutorial yang akan disempurnakan.

References

Berk L. Edan A Winsler. 1995. Scaffolding Children Learning ; Vygotsky and Early Childhood education. Washington DC:NAEYC

Brewster, J. Ellis G., & Girard, D. 2002. The Primary English Teacher’s Guide.

England: Pearson plc

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Acuan Menu Pembelajaran Pada Kelompok Bermain. Jakarta:Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini

Gagne, Robert, M. Leslie J. Briggs. 1979. Principles of Instructional Design, Second Edition. New York:Holt and Winston

Kostelknik, Marjorie J.(editor). 1991. Teaching Young Children Using THEMES.

Glenview, Illinois : Good Year Books

Mei, Yin Yong & Yu-Jing, J. 2000. From Using Games in an EFL Class for Children.

Daejin University ELT Research Paper. Fall Wright, A. 1995. Story Telling With Children. Oxford:OUP

Wright, A. Betteridge, D & Buckby, M. 1984. From Games for Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Downloads

Published

2023-04-28