Pembelajaran saintifik MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA ANAK USIA DINI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI RA AL-KAMAL

Authors

  • Adinda tri utami Adinda Universitas negri medan

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v6i1.11828

Abstract

ABSTRACK

This study aims to develop early childhood creativity in scientific learning at RA Al-Kamal through the activity of making a collage of butterflies from cassava leaves. The subjects used in this study were 10 students at RA Al-Kamal. The objects in this study is scientific learning in developing children's creativity through the activity of making butterfly collages from cassava leaves. The research method used is descriptive qualitative. Data obtained from interviews, observations and documentation sourced from RA Al-Kamal. The results of the research show that the implementation of scientific learning has been carried out well, it can be seen from the results of the activity, namely where initially only 5 children wanted to take part but when the video was shown how to make it 5 more children were interested in participating. From the results of the activities we have done, it has shown progress in children where the child is enthusiastic in the activity the child also participates as the child is able to answer questions from the teacher, the child asks questions related to these activities, the child also observes each of these activities. For this reason, through the activity of making butterfly collages from cassava leaves, this can increase children's creativity. This can be seen from the children being able to stick leaves from the large size to the small leaves. Apart from that, children are also more independent, confident, dare to have an opinion. , and have high curiosity.

keywords: scientific learning, children's creativity

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kreativitas anak usia dini dalam pembelajaran saintifik di RA Al-Kamal melalui kegiatan Membuat kolase Kupu-Kupu dari Daun Ubi Singkong.Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa di RA Al-Kamal sebanyak 10 orang.Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran saintifik dalam mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan membuat kolase kupu-kupu dari daun ubi singkong. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang bersumber dari RA Al-Kamal. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran saintifik sudah terlaksana dengan baik,dapat dilihat dari hasil kegiatan yaitu dimana awalnya 5 anak saja yang mau mengikuti tapi ketika ditampilkan vidio cara membuatnya 5 anak lagi tertarik mau mengikutinya .Dari hasil kegiatan yang telah kami lakukan sudah menunjukkan perkembangan pada anak dimana Anak antusias dalam kegitan tersebut anak juga berpastisipasi seperti anak mampu menjawab pertanyaan dari guru,anak menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan tersebut,anak juga mengamati setiap kegitan tersebut. Untuk itu melalui kegiatan membuat kolase kupu-kupu dari daun ubi singkong ini dapat meningkatkan kreativitas anak, Hal tersebut terlihat dari anak mampu menempel daun dari yang berukuran yang besar lalu daun yang berukuran kecil selain itu anak anak juga lebih mandiri, percaya diri, berani berpendapat, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Kata Kunci: Pembelajaran Saintifik,kreativitas Anak

Downloads

Published

2023-04-28