UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK ATTENTION DEFISIT HIPERACTIVITY DISORDER
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v6i1.11835Abstract
Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas ialah salah satu gangguan perkembangan yang banyak ditemukan pada anak usia dini yang harus ditangani secara khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam menangani anak Attention Defisit Hiperactivity Disorder. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur atau penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam menangani anak ADHD adalah melakukan kegiatan terapi permainan puzzle, permainan sensori. Selain itu guru juga dapat menentukan posisi duduk anak saat pembelajaran, memberikan informasi yang jelas, memanfaatkan energi anak dengan memberikan tugas dan melakukan konsultasi dengan ahli serta guru juga harus menciptakan suasana yang kondusif dengan penuh kesabaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rina Mulyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.