METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v6i2.12139Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk menjadikan penggunaan metode demonstrasi dalam pendidikan kewirausahaan anak usia dini. Anak-anak berpartisipasi dalam simulasi yang terhubung dengan konteks wirausaha sebagai bagian dari metode demonstrasi, yang merupakan strategi pembelajaran. Sekelompok anak kecil yang berpartisipasi dalam latihan yang dibuat untuk membantu mereka memahami prinsip-prinsip kewirausahaan digunakan dalam penelitian ini. Penelitian yang dilakukan di RA Madinatussalam percut Sei Tuan jln, sidomulyo Pasar IX Tembung. subjek pada penelitian ini adalah anak berusia 4-6 tahun. Metode pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. penelitian ini menggunakan analisis data dalam pandangan Miles dan Huberman yaitu Analisis yang meliputi tiga alur kegiatan, diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Sebuah penelitian kualitatif dipilih sebagai metodologi penelitian, yang memerlukan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode demonstrasi untuk mengajarkan kewirausahaan kepada anak-anak memiliki sejumlah keuntungan. Pertama, melalui pengalaman langsung dalam membuat kreatifitas, pendekatan ini mendorong imajinasi dan kreativitas anak-anak dalam menghasilkan konsep bisnis dan solusi orisinal untuk tantangan saat ini. demonstrasi langsung memungkinkan anak-anak belajar melalui kolaborasi teman sebaya dan keterlibatan sosial, yang mendorong pertumbuhan keterampilan komunikasi. Berbagai program kewirausahaan salah satu yang tersedia seperti cooking class, mengkreasikan/mengolah bahan bekas. kontribusi yang diberikan pada penelitian ini adalah, menjadikan guru dan murid lebih kreatif lagi dalam mengembangkan pembelajaran khususnya pada pembelajaran kewirausahaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Homsani Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.