PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP PERKEMBANGAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v6i2.13838Abstract
Abstrak:
Minimnya kemampuan membaca anak usia dini terutama pada kelompok usia 5-6 tahun dan kurangnya kreatifitas pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap perkembangan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik proporsional untuk melihat pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca anak. Data yang diperoleh dideskripsikan dalam bentuk naratif agar data tersebut dapat diakses dan terorganisir dengan baik.. Teknik pengambilan data yakni observasi secara langsung dengan memberikan kegiatan pembelajaran menggunakan media flashcard pada kelompok B1 dan B2 yang terdiri dari 20 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian, bahwa penggunaan media flashcard dalam pembelajaran cukup efektif dan efisien untuk diberikan guna membantu mengembangkan kemampuan membaca anak, dapat dilihat dari hasil penelitian yakni mendapatkan nilai 41,158% pada uji keefektifan relatif yang artinya penelitian menghasilkan keefektifan sedang. Selain itu media flashcard dapat memotivasi anak untuk mengikuti pembelajaran dan minat anak terhadap kegiatan membaca serta menjadikan pendidik kreatif dalam memberikan media pembelajaran.
Kata Kunci: Bahasa; Membaca; Flashcard
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alazza Ranny
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.