PROBLEMATIKA GURU PAUD DALAM PENGEMBANGAN PROFESI DILIHAT DARI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Asah Siti KF Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Gilar Gandana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15142

Abstract

Problematika dalam penerapan krikulum merdeka berpengaruh terhadap pengembangan profesi Guru PAUD dimana Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang bersifat fleksibel memudahkan para guru  dalam melaksanakan metode pembelajaran sehingga dapat menggunakan media atau fasilitas yang terdapat di lingkungan sekitar. Disamping itu terdapat kendala yang dialami guru PAUD dalam menerapkan kurikulum merdeka. Jenis  penelitian  yang  dilakukan  menggunakan  metode  studi  kasus. Pengambilan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dialami guru PAUD dalam mengembangkan profesi dilihat dari penerapan kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil penelitian di TK Kartika Cangkurileung Brigief Raider 13 guru masih mengalami masalah dalam penerapan kurikulum merdeka, diantaranya dari kesiapan guru yang harus menyusun kurikulum secara mandiri penyesuaian proses adaptasi dari pembaharuan kurikulum yang dahulu, kondisi sumber daya baik secara financial dan tenaga pendidik yang di tuntut untuk kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang tersedia, dan sulitnya penerimaan orang tua karena kurangnya pengetahuan tentang kurikulum merdeka yang diterapkan di sekolah.

Downloads

Published

2024-07-31