MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI (PAUD) MELALUI GERAK DAN LAGU
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15897Abstract
Pengembangan keterampilan motorik kasar anak bertujuan untuk melatih motorik kasar, meningkatkan kemampuan mengatur dan mengendalikan gerak dan koordinasi tubuh, serta meningkatkan keterampilan jasmani dan pola hidup sehat. Keterampilan motorik kasar dapat ditingkatkan melalui latihan gerak yang diiringi lagu atau music. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan penjelasan mengenai upaya meningkatkan kemampuan motoric kasar pada anak usia dini melalui gerak dan lagu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review yaitu metode tinjauan pustaka yang bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan mengevaluasi penelitian yang relevan dengan pertanyaan penelitian yang dilakukan. Melalui kegiatan gerak yang diiiringi music atau lagu, gerakan yang dilakukan anak akan lebih terkendali dan terorganisir dengan pola-pola tubuh seperti menegakan tubuh dengan posisi berdiri, tangan dapat digerakkan, dengan santai melangkah dan menggerakkan tungkai dan kaki. Aktifitas gerak dan lagu merupakan perpaduan yang sangat baik jika diberikan untuk anak usia dini, karena Gerakan ini dapat merangsang gerakan tubuh yang lebih kompleks dan peningkatan koordinasi gerak tubuh, keseimbangan, kelincahan, kekuatan, serta koordinasi gerak tangan dan kaki. Geraka-gerakan sederhana dan sistematis berkesinambungan yang dilakukan anak usia dini merupakan aktivitas fisik yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan motorik anak. Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan motorik kasar dapat dilakukan melalui kegiatan gerak dan lagu pada anak usia dini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erina Dianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.