Manajemen Keuangan Bantuan Siswa Kurang Mampu di Taman Kanak-Kanak Muslimat Bunga Harapan Kabupaten Lamongan
Manajemen Keuangan Bantuan Siswa Kurang Mampu di Taman Kanak-Kanak Muslimat Bunga Harapan Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.16201Abstract
Manajemen merupakan suatu proses yang sangat amat penting dalam dunia pendidikan, karena selain memperbaiki mutu lembaga sekolah perlu dilihat juga manajemen keuangannya yaitu dapat menjalankan berbagai kegiatan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya dan bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen keuangan bantuan siswa kurang mampu di taman kanak-kanak musimat bunga harapan kabupaten lamongan. Pembiayaan didapat dari RAPBS, BOSP yang mana dana masih ada kekurang dan pada akhirnya dari sekolah mengadakan program untuk merubah pengembangan sekolah terutama dari manajemen keuangan sekolahnya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik yang digunakan ada observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pada awal tahun merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu tahun, mencari dana tambahan untuk keuangan yang masih kurang, merencanakan program untuk anak yang kurang mampu. Pelaksanaan dilakukan semestinya dengan melihat RAPBS beserta dana yang dipakai, pencatatan dilakukan oleh bendahara yang baik itu dana keluar atau masuk dengan memperhatikan hal yang berkaitan dengan pelaksanaan keuangan sekolah. Terakhir ada evaluasi dalam manajemen keuangan sekolah yang harus dilakukan karena bertujuan untuk melaporkan antara kegiatan pengelolaan keuangan dengan menyampaikan hasil pembelanjaan yang dilakukan oleh individu yang berkompeten serta mematuhi standar yang ditentukan. Evaluasi harusnya dilakukan secara transparan baik itu kepada kepala sekolah, bendahara, guru dan juga orang tua siswa, agar tidak terjadi salah faham antara pihak sekolah juga orang tua murid serta timbulnya kepercayaan masyarakat kepada pihak sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Uty Farda Al Maziyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.