Pengaruh Kegiatan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Anak di TK Dharma Indria 1 Jember
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.16218Abstract
Motivasi merupakan sebuah keinginan atau kemauan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas, terutama dalam hal belajarnya. Motivasi belajar anak di TK Dharma Indria 1 Jember sangat beragam. Motivasi belajar tinggi ditunjukkan dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, anak merasa bersemangat, tidak mudah menyerah, dan sebagainya. Sedangkan motivasi belajar rendah ditunjukkan dengan kurang bersemangat, kurang antusias dalam mengikuti kegiatan belajar, tidak mau mencoba kegiatan baru. Dari berbagai bentuk motivasi belajar yang ditunjukkan anak di TK Dharma Indria 1 Jember, guru mempunyai cara untuk membuat anak kembali bersemangat, yaitu dengan kegiatan ice breaking. Sebab, tujuan diberikan ice breaking adalah untuk menumbuhkan perasaan senang atau gembira selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh kegiatan ice breaking terhadap motivasi belajar anak di TK Dharma Indria 1 Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ex post facto, dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,007 < 0,05. Maknanya, adanya pengaruh variabel kegiatan ice breaking (X) terhadap motivasi belajar anak (Y) dengan besar pengaruh adalah 27%. Jadi dapat disimpulkan bahwasanya H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh kegiatan ice breaking terhadap motivasi belajar anak di TK Dharma Indria 1 Jember.
Kata Kunci : Ice breaking, motivasi belajar, anak usia 4-6 tahun
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 riza meidista rusnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.